Kompatir akan bersinergi dengan Manajemen PDAM Tirtanadi

c360_2016-12-02-20-14-21-197

PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara akan terbuka dan siap bersinergi dengan Komunitas Pelanggan Air PDAM Tirtanadi (Kompatir) demi kemajuan perusahaan air minum dan peningkatan pelayanan kepada pelanggan kedepannya.

Hal itu diungkapkan Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo pada acara Deklarasi Komunitas Pelanggan Air PDAM Tirtanadi (Kompatir) di Hotel Garuda Citra Medan, Kamis (1/12).

Lebih lanjut dikatakan Sutedi, sekarang ini PDAM Tirtanadi dihadapkan dengan dua persoalan besar yakni, keterbatasan air baku dan keterbatasan kapasitas produksi instalasi pengolahan air yang dimiliki PDAM Tirtanadi sehingga tak mampu memenuhi kebutuhan air pelanggan.

Oleh karenanya, kedepannya PDAM Tirtanadi fokus untuk menambah kapasitas produksi air dengan membangun instalasi pengolahan air baru di Sungai Denai dengan kapasitas 240 l/d, Uprating IPA sunggal tahap ke 2 sebesar 400 l/d, Urating IPA Deli Tua dan IPA TLM, yang sumber dananya dari penyertaan modal dari Pemprovsu sebesar Rp 73 miliar pada P-APBD 2016.

Mengenai air limbah tambahnya, PDAM Tirtanadi bersyukur karena peraturan daerah (perda) tata kelola limbah untuk Medan sudah disahkan DPRD Kota Medan melalui program Layanan Limbah Tidak Terjadwal (L2T2) yang akan digiatkan mulai tahun depan.

Kegiatan ini juga dihadiri Anggota DPD-RI Prof Dr Hj Darmayanti Lubis Msc, Ghufron SH mewakili Asisten Kejatisu, H. Jamharil Umeda selaku Penasehat Kompatir dan masyarakat pelanggan dari beberapa wilayah pelayanan PDAM Tirtanadi.

Adapun susunan kepengurusan Kompatir periode 2016-2018 terdiri dari : Penasehat : Prof Dr Hj Darmayanti Lubis Msc, H. Jamharil Umeda, Ketua Umum : Prof Dr Ir Hasnudi MS, Ketua Harian : Fachroel Rozi SH, Sekretaris : H Harist Lubis SE, Wakil Sekretaris : Rizal Syam SE, Bendahara : Ir Suci Harnita, Wakil Bendahara : Efrida Herawati, Sonia Eka Putri br Ginting SH, Humas : Drs Partono Budi, Jasrial Husin dan Penasehat Hukum : Julpikar SH MH, Andi Saputra Simanjuntak SH MH, Riswan Munthe SH MH.

Sementara itu, Prof Darmayanti yang juga sebagai Penasehat Kompatir mengharapkan agar Kompatir memberdayakan komponen masyarakat dalam mensosialisasikan kebijakan dan program kerja Direksi PDAM Tirtanadi.

“Melalui DPD-RI, kita akan mengawal Perpres 3/2013 untuk segera direalisasikan,” jelasnya seraya meminta Kompatir bisa efektif bekerja membantu masyarakat dan pelanggan PDAM Tirtanadi.

Sedangkan Ketua Umum Kompatir Prof Hasnudi mengatakan, lembaga ini dibentuk bertujuan sebagai mitra PDAM Tirtanadi untuk menjembatani masalah pelanggan. Sebab selama ini banyaknya kasus kerugian yang dialami pelanggan seperti pegawai yang lalai, masalah air kotor dan pembayaran rekening yang tak sesuai dan sebagainya.

“Kompatir akan mendukung kebijakan PDAM Tirtanadi yang berpihak kepada pelanggan namun  juga akan mengkritik kinerja manajemen PDAM Tirtanadi agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada pelanggan.

(Visited 1 times, 1 visits today)