PDAM Intan Banjar Timba Ilmu di PDAM Tirtanadi

pdam-intan-banjarSembilan hari setelah dilantik, Direksi baru PDAM Tirtanadi menerima kunjungan study banding dari PDAM Intan Banjar Kalimantan Selatan, Jumat (20/03).
Rombongan PDAM Intan Banjar yang terdiri dari Direktur Umum : Harmadi Budi Samtoso, SE, Kepala SPI : Abdullah Saraji, SE, MM, Kabag SDM : Muhammad Azwar, SAP, Kabag Hublang : Hujaimah Sanusi, SE, Kabag Transmisi & Distribusi : M. Aliansyah, SE, Kabag. Perencanaan : Mahmaud Mansyur, Amd, Kasubag Laboratorium : Sari Mulya F, Ssi disambut hangat oleh jajaran lengkap Direksi PDAM Tirtanadi yang barusan saja dilantik yakni Sutedi Raharjo, ST selaku Direktur Utama, Ir. Arif Haryadian, Msi selaku Direktur Administrasi & Keuangan, Ir. Delviyandri, M.Psi selaku Direktur Air Minum dan Ir. Heri Batanghari Nasution, M.Psi selaku Direktur Air Limbah serta didampingi oleh Kadiv. Public Relations Ir. Amrun, Kadiv. SPI Parlindungan Siregar, Pls. Kadiv. Produksi Dra. Astri Dariani, Pls. Kadiv. Perencanaan Hasri Sahran Ritonga, Ka. Laboratorium Zahriasani Siregar.

Harmadi Budi Samtoso, SE mewakili PDAM Intan Banjar mengatakan bahwa maksud kunjungan mereka ini adalah untuk menggali beberapa ilmu tentang manajemen perusahaan air minum untuk diaplikasikan di PDAM Intan Banjar. Direktur Utama PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo, ST dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan kunjungan pertama dari sesama PDAM sejak dilantik sebagai Direksi PDAM Tirtanadi tanggal 11 Maret 2015 yang lalu. Sutedi Raharjo juga mengatakan bahwa PDAM Tirtanadi sangat terbuka terhadap kunjungan dari PDAM manapun karena setiap PDAM tentu memiliki kelebihan dan kelemahan sehingga dengan kunjungan study banding ini dapat berbagi ilmu antara sesama PDAM.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Direksi Lantai 2 Kantor Pusat PDAM Tirtanadi tersebut, PDAM Intan Banjar mengajukan beberapa pertanyaan diantara mengenai penggunaan Electro Chlorination System yang telah digunakan oleh PDAM Tirtanadi dimana sehari sebelumnya yaitu pada hari Kamis tanggal 19 Maret 2015, PDAM Intan Banjar telah meninjau langsung penggunaan sistem ini di IPA Hamparan Perak PDAM Tirtanadi. Selain itu mereka juga menanyakan tentang Strategi Pengembangan SDM dan Audit Internal.

Menjawab pertanyaan dari PDAM Intan Banjar, Direktur Air Minum PDAM Tirtanadi Ir. Delviyandri, M.Psi menjelaskan bahwa sistem tersebut kita pelajari dari negri jiran Malaysia dimana secara prinsip output yang dihasilkan sama, namun Electrochlorination System lebih ramah lingkungan dan minim resiko kebocoran tabung gas dibandingkan pada sistem gas chlorine yang bisa membahayakan pekerja instalasi pengolahan air. Direktur Air Limbah yang juga pernah menjadi Kadiv. Produksi Ir. Heri Batanghari Nasution, M.Psi menambahkan bahwa investasi di awal cukup tinggi karena kita harus membangun instalasi Electro Chlorination System ini di tiap tiap water treatment, namun untuk seterusnya penggunaanya jauh lebih effektif dan optimal.

Terkait pertanyaan mengenai Strategi Pengembangan SDM, Ir. Arif Haryadian, MSi menjawab bahwa strategi Pengembangan SDM di Tirtanadi menggunakan Metode Rewards and Punishment, dimana setiap pegawai akan mendapatkan Penghargaan atas prestasi dan kinerjanya serta Sanksi apabila melakukan kesalahan dan pelanggaran displin melalui sistem pengawasan dan evaluasi kerja secara berkala.
Acara yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo ini berlangsung selama kurang lebih 3 jam dan di tutup dengan saling bertukar Cinderamata dan foto bersama. Namun ada yang lain dari Direksi PDAM Tirtanadi saat ini yaitu sikap yang terasa lebih care pada tamu perusahaaan dimana rombongan PDAM Intan Banjar diantar sampai ke mobilnya dan dilepas oleh Direksi PDAM Tirtanadi dengan lambaian tangan.

(Visited 1 times, 1 visits today)