Safari Donor Darah Tirtanadi-Pemprovsu Gubernur Sumbangkan Darah

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho, ST, MSi mengajak semua elemen masyarakat untuk menggiatkan aksi donor darah. Karena, lewat donor darah, tidak hanya membuat sehat pendonor tapi juga membantu kelangsungan hidup orang lain yang membutuhkan transfusi darah.

Bahkan, tak hanya menghimbau masyarakat, Gubsu pun ikut mendonorkan darahnya pada program Safari donor darah di Aula Kantor Utama PDAM Tirtanadi Medan, Jl. Sisingamangaraja No.1, Selasa (14/4).

Gubsu saat itu, hadir pukul 08.40 WIB bersama sejumlah Asisten, Staff Ahli dan Pimpinan SKPD Pemprovsu yang langsung disambut oleh Direktur Utama Sutedi Raharjo bersama jajaran Direksi yakni Direktur Administri Keuangan Arif Haryadian, Direktur Air Minum Delviyandri dan Direktur Air Limbah Heri Batangari.

Gubsu dan Direktur Utama Tirtanadi langsung mendaftarkan diri setibanya di Aula PDAM Tirtanadi dan mengukur tensi darah sebagai salah satu syarat donor, diikuti oleh jajaran Pemprovsu dan Direksi lain yang hadir.

Dengan dipandu petugas, Gubsu memulai dengan melakukan cek tensi darah, cek golongan darah dan setelah tensi yang diukur sesuai dengan persyaratan sebagai pendonor, Gubsu langsung dipersilahkan untuk berbaring dan kemudian diambil darahnya.

“Mari sama-sama kita menggiatkan aksi donor darah dengan sukarela,” ajaknya.

Kegiatan Donor darah berlangsung merupakan agenda rutin KODRATI (Komunitas Donor Darah Tirtanadi) yang berlangsung setiap tiga bulan sekali. Pada agenda kali ini, Kodrati bekerja sama dengan Korpri Pemrovsu melakukan safari donor darah dan berhasil mengumpulkan 174 kantong darah dari para pendonor yang memenuhi aula PDAM Tirtanadi.

Ketua KODRATI Gunawan Harimulya dalam kesempatan itu mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada pendonor yang hadir pada program rutin ini.Dia mengatakan, antusiasme pegawai, PNS bahkan para pelanggan yang hadir ini menambah semangat KODRATI untuk terus melakukan agenda ini secara rutin.

Meski demikian, tanpa program safari donor bersama Korpri, KODRATI memang secara rutin melakukan program donor darah ini setiap 3 bulan sekali. “Setelah ini program safari donor darah Korpri akan berlangsung bulan Mei mendatang di Kantor Dinas Perhubungan Pemrovsu,” katanya.

Terlihat, para pendonor didominasi oleh pegawai PDAM Tirtanadi dan PNS di lingkungan Pemerintahan Provinsi Sumatra Utara. Bahkan ada juga beberapa pelanggan air yang sengaja datang dan turut serta mendonorkan darahnya.

Seperti Jeje Batubara salah satu pelanggan PDAM Tirtanadi yang mendapat informasi kegiatan dari Kantor Cabang Sei Agul mengatakan, dirinya sengaja datang pada acara ini karena ini beramal melalui program donor darah.

(Visited 1 times, 1 visits today)